Pemerintah Desa Tambang Kecamata Pudak melaksanakan penyaluran BLT- DD, pada hari Selasa tanggal 28 Maret 2023 bertempat di Balai Desa Tambang. Tugiono Kepala Desa Tambang menjelaskan penyaluran BLT- DD sebanyak 21 keluarga penerima manfaat (KPM), penyaluran ini untuk Bulan Januari sampai dengan Maret Tahun 2023, Bantuan langsung tunai melalui dana desa (BLT-DD) adalah salah satu bantuan yang diberikan dalam upaya menekan bagi warga yang kurang mampu dan belum menerima bantuan dari pusat.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa bersama perangkat desa. Pembagian BLT-DD juga dihadiri oleh Tim Kecamatn, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Tambang, bahwa Bantuan Langsung Tunai dibagikan setiap satu bulan sekali sejumlah Rp. 300.000. Penyaluran BLT ini dilakukan setelah turunnya dana desa  termasuk di dalamnya dana BLT untuk tiga bulan Namun,  penyaluran dan pendokumentasian BLT kepada warga dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Tugiono kades Tambang juga menuturkan bahwa dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT, pihak desa lebih dahulu melakukan berbagai tahapan dan pertimbangan. Perangkat desa bersama RT RW terjun langsung ke masyarakat untuk melihat keadaan warga. Pertimbangan untuk BLT ini bukan dari segi rumah, tetapi dari segi penghasilan dan kondisi warga, misalnya sakit dalam jangka waktu yang lama akan lebih diprioritaskan untuk menerima BLT-DD. Setelah itu, dilakukan pendataan layak atau tidaknya warga untuk menerima bantuan, dimana yang layak mendapatkan BLT adalah sebanyak 21 warga.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *